10 Penyebab Utama Baterai Android Boros dan Cara Mengatasinya


10 Penyebab Utama Baterai Android Boros dan Cara Mengatasinya

Baterai merupakan nyawa pada sebuah android, tidak bisa dibayangkan bagaimana jika baterai android kesayangan kita menjadi boros dan cepat habis. Ada banyak faktor yang meyebabkan baterai android menjadi boros, namun disini saya akan menjelaskan penyebab utama baterai android boros dan cara mengatasinya.


1. Banyak terdapat aplikasi berat

Aplikasi android yang berat menyebabkan baterai android menjadi lebih mudah terkuras dan boros, hal ini disebabkan proses latar belakang aplikasi fitur auto start pada aplikasi tersebut sehingga membutuhkan daya yang besar. Selain menguras baterai android, aplikasi yang berat juga memakan banyak RAM android sehingga android menjadi lemot.

Cara mengatasi permasalahan ini kita harus menonaktifkan auto start pada aplikasi tersebut. Sebelumnya kita harus mengetahui aplikasi apa saja yang banyak menguras baterai, untuk mengetahuinya kita pergi ke setting/pengaturan > baterai > pilih aplikasi yang presentasi penggunaan baterai paling tinggi > power management > ceklist prevent the devuce from being worked up dan keeping awake. seperti pada gambar dibawah ini.


10 Penyebab Utama Baterai Android Boros dan Cara Mengatasinya


2. Signal pada jaringan seluler yang tidak stabil

Penyebab baterai android boros selanjutnya adalah kualitas jaringan seluler yang tidak stabil, ketika signal pada jaringan seluler android tidak stabil maka android akan bekerja semakin keras. Hal ini akan berdaampak pada baterai android yang menyebabkan bekerjalebih ekstra dan lebih boros daya.

Cara mengatasi permaslahan ini adalah dengan merubah pengaturan pada android ke jenis jaringan yang lebih stabil, pilihlah jenis jaringan seluler yang sudah pasti ada pada area anda. Caranya adalah pergi ke setting > jaringan seluler > jenis jaringan yang dipilih > pilih 2G atau 3G saja. Jika jaringan masih belum stabil, saya sarankan untuk mengaktifkan mode pesawat saja atau menonaktifkan jaringan demi menjaga daya baterai agar tidak boros.

10 Penyebab Utama Baterai Android Boros dan Cara Mengatasinya




3. Kondisi baterai yang sudah menurun

Sebagai pengguna android kita harus lebih peka untuk mengetahui kondisi baterai pada android kita. Usahakan untuk selalu mengeceknya, karena baterai yang kualitasnya sudah menurun sudah pasti akan menyebabkan baterai android menjadi lebih boros.

Cara mengatasinya adalah dengan menggantinya dengan yang baru jika baterai sudah tidak memungkinkan untuk diperbaiki, seperti baterai menggelembung dan bocor. Gantilah baterai yang original sesuai merk handphone sobat.


4. Kecerahan layar yang terlalu tinggi

10 Penyebab Utama Baterai Android Boros dan Cara Mengatasinya


Berdasarkan gambar diatas dapat disimpulkan bahwa layar memberi pengaruh terhadap konsumsi baterai hampir 60 % daya. Hal ini menunjukkan bahwa layar sangat berpengaruh pada konsumsi daya android, semakin tinggi kecerahan layar maka akan menyebabkan baterai android semakin boros.

Cara mengatasinya adalah dengan meurunkan kecerahan layar android saat ditempat yang rendah cahaya, gunakanlah kecerahan pada layar android dengan bijak, sehingga baterai android menjadi lebih hemat.


5. Terlalu banyak widget

Terlalu banyak widget menyebabkan baterai android menjadi boros karena widget yang responsif (seperti widget cuaca) akan selalu update pada latar belakang android. Sehingga menyebabkan kinerja android semakin besar dan membutuhkan banyak daya.

Cara mengatasinya adalah untuk menggunakan widget secukupnya dan sesuai keperluan, jangan terlalu banyak mengunakan  widget pada home screen. Jika kita tetap ingin menggunakannya maka aturlah waktu update widget menjadi lebih jarang.


6. Salah pilih charger

Charger yang rusak dan tidak sesuai pada android akan mempengaruhi kondisi baterai kita, bahkan terdapat beberapa kasus ketika mencharger android bar baterai tidak bertambah, namun justru berkurang .

Cara mengatasinya adalah dengan memilih charger android yang sesuai dengan merek android kita, dan usahakan memilih charger dengan kuat arus (watt) yang sesuai dan sama dengan baterai kita.


7. Google play service yang selalu aktif


Aplikasi google paly service ternyata memiliki konsumsi daya baterai yang besar, aplikasi ini bekerja pada latar belakang android sehingga tidak diketahui para pengguna android.

Cara mengatasinya adalah dengan menghapus data cache pada google play service, caranya kita pergi ke setting > aplication > all >pilih google play service > dan pilih hapus cache seperti pada gambar dibawah ini.




8. Data seluler, gps,bluetooth dan Wi-fi yang selalu aktif

Usahakan untuk selalu menonaktfkan data seluler dan gps karena ini akan sangat menguras baterai,hal ini hampir mirip kasusnya dengan masalah jaringan seluler pada poin 2.


9. Terlalu banyak notifikasi aplikasi



Jarang kita ketahui bahwa notifikasi pada aplikasi ternyata ikut menguras baterai pada android menjadi semakin boros. Hal ini disebabkan ketika pemberitahuan/notifikasi aplikasi diaktivkan maka akan memberikan perintah pada sistem android agar selalu aktif untuk menerima notifikasi, sehingga baterai android akan semakin terkuras.

Cara mengatasinya adalah dengan menonaktifkan notifikasi aplikasi android yang tidak penting, caranya pergi ke setting > all aplication > pilih aplikasi yang ingin dinonaktifkan notifikasinya > unchecklist tampilkan pemberitahuan seperti pada gambar dibawah.

10 Penyebab Utama Baterai Android Boros dan Cara Mengatasinya



10. Waktu  layar on menuju sleep yang terlalu lama

Hal kecil ini memang sering diabaikan oleh para pengguna android, terdengar sepele namun hal ini cukup berpengaruh pada konsumsi daya karena berhubungan dengan layar. Biasanya setelah mengunakan ponsel android kita hanya membiarkannya begitu saja sambil menunggu android mematikan layarnya sendiri (sleep).

Masalahnya berapa lama waktu layar hidup menuju sleep?, hal ini akan sangat berpengaruh pada konsumsi daya baterai, selain itu ketika android sleep tanpa pengawasan si pemilik dan mendapatkan notifikasi dengan waktu layar on yang cukup lama, maka akan sangat menguras baterai.

Cara mengatasinya adalah dengan mengatur waktu layar on menuju sleep yang singkat, idealnya adalah minimal 30 detik atau maksimal 1 menit untuk mencegah konsumsi daya baterai yang lebih tinggi.


Baiklah itulah 10 Penyebab Utama Baterai Android Boros dan Cara Mengatasinya, silahkan share artikel ini ke medsos kalian jika bermanfaat, dan tinggalkan komentar jika ada yang ingin ditanyakan. Oh iya, jangan lupa untuk selalu ikuti Blog ini untuk mendapatkan artikel seputar teknologi dengan cara klik ikuti pada bagian pengikut paling bawah, terimakasih.





0 Response to "10 Penyebab Utama Baterai Android Boros dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Berdiskusi Dan Berkomentarlah Dengan Sopan Dan Santuy! :).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel