Penyebab dan Cara Mengatasi HP Android yang Lemot

Penyebab dan Cara Mengatasi HP Android yang Lemot


Penyebab HP android lemot dan panas

HP android lemot memang sangat menyebalkan, masalah ini memang paling banyak dikeluhkan oleh para pengguna hp android. Ada banyak sekali penyebab HP android menjadi lemot, yaitu.

1.Memory internal dan RAM penuh

Penyebab dan Cara Mengatasi HP Android yang Lemot

Memory internal memegang peranan penting dalam menyimpan sistem operasi pada android. Jika memory internal penuh besar kemungkinan HP anroid kita menjadi lemot dan lambat dalam menjalankan kinerjanya.

Sedangkan  RAM berfungsi untuk menjalankan sistem operasi dan aktivitas aplikasi android, jika RAM android penuh akan menyebabkan android menjadi lemot dan panas, penyebab RAM penuh adalah terlalu banyak aplikasi yang terinstall dan berjalan dilatar belakang HP android.


2.Terlalu banyak widget

Widget pada home screen memliki fungsi kepraktisan dan estetika dalam mengoperasikan android, namun widget yang terlalu banyak menyebabkan RAM bekerja lebih sehingga RAM mennjadi cepat penuh.

Hindari menggunakan widget yang bergerak seperti animasi pada home screen, gunakanlah widget yang benar-benar berguna saja. Seperti widget jam pada home screen, karena ini akan lebih meringankan kinerja RAM.


3.Spek HP tidak mumpuni

Spek HP yang rendah (low end) memang sangat mempengaruhi kinerjanya, hati-hati dalam membeli android. Jangan sampai hanya karena murah kita langsung tergiur untuk membelinya, lihat dulu spesifikasi handphone android tersebut.

Perhatikan ukuran RAM nya, untuk android sendiri RAM yang manusiawi adalah minimal 1GB. Sedangkan ukuran RAM dibawahnya bisa dibilang akan sangat kurang dalam menjalankan operasi android, sehingga potensi untuk HP android menjadi lemot dan panas menjadi semakin besar.


Cara mengatasi HP android yang lemot 

1.Hapus aplikasi android yang tidak perlu

Aplikasi android banyak menyimpan datanya di memory internal, sehingga semakin banyak aplikasi android maka semakin kecil ruang memory internal. Jadi usahakan untuk menghapus aplikasi yang tidak perlu dan jarang digunakan, sehingga HP android menjadi lebih ringan dan tidak lemot.


2.Hapus data Cache aplikasi

Penyebab dan Cara Mengatasi HP Android yang Lemot

Data cache adalah data sisa yang diasilkan dari proses kerja aplikasi android, usahakan untuk menghapus data ini setelah kita menjalankan aplikasi android. Cara menghapusnya pun cukup mudah, kita hanya perlu membuka pengaturan > penyimpanan > penyimpanan internal > pilih cache > klik hapus data cache.


3.Seringlah hapus riwayat aplikasi latar belakang

Penyebab dan Cara Mengatasi HP Android yang Lemot

Setelah membuka banyak aplikasi usahakanlah untuk menghapus riwayat multitasking aplikasi android, hal ini akan membantu meringankan kinerja RAM android.


4.Pindahkan data penting ke SD card

Saat ini setiap ponsel android pasti dilengkapi dengan slot SD card, manfaatkanlah SD card kita untung menyimpan data-data yang berukuran besar. Usahakan untuk menyisakan ruang yang cukup besar pada memory internal, karena memory internal lebih ditekankan untuk bekerja pada sistem operasi dan menyimpan data aplikasi.


5.Install aplikasi anti lemot dan aplikasi pembersih sampah


Sudah banyak aplikasi di playstore yang sangat membantu dalam mengatasi HP androi yang lemot, usahakan untuk menginstall satu aplikasi saja. Karena aplikasi semacam ini tergolong cukup berat.

Disini saya merekomendasikan aplikasi CCleaner, kenapa saya merekomendasikan aplikasi ini?, karena saya sudah menggunakan aplikasi ini  untuk membersihkan sampah data yang tidak berguna dan juga optimasi RAM, saya menggunkan aplikasi ini bukan hanya di android, bahkan di PC dan laptop.

Sekian pembahasan mengenai cara mengatasi HP android yang lemot dan panas, silahkan berkomentar dibawah jika ada pertanyaan.

0 Response to "Penyebab dan Cara Mengatasi HP Android yang Lemot"

Post a Comment

Berdiskusi Dan Berkomentarlah Dengan Sopan Dan Santuy! :).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel