Mengenal Sistem Operasi DOS Pada Komputer

Mengenal Sistem Operasi DOS  Pada Komputer

DOS  ( Disk Operating System ) merupakan salah satu sistem operasi pada komputer, memang terdengar asing ditelinga kita, karena DOS masih kalah pamor dengan OS. Wndows maupun Mac.

DOS sebenarnya adalah sistem operasi default atau bawaan yang generik pada perangkat komputer, dalam perkembangannya DOS menjadi istilah generik pada setiap sistem operasi yang dimuat dari perangkat penyimpanan pada disk.

DOS merupakan salah satu sistem operasi tertua sebelum Windows. sebelum dibeli oleh Microsoft, DOS merupakan sistem operasi dibelakang layar yang bekerja dengan perintah internal yang tidak memerlukan file lain kecuali COMMAND.COM untuk menjalankannya.

Perintah internal pada DOS terbagi menjadi 3 perintah dasar, yaitu:

1. Perintah file,yaitu suatu perintah yang mengatur semua kegiatan yang berhubungan dengan pemberdayaan file, seperti DIR (melihat file pada directory), TYPE (membaca dan melihat suatu file), COPY, REN, DEL.

2. Perintah directory, yaitu perintah untuk mengelola suatu folder pada komputer, yang terdiri dari MD (make directory/membuat directory baru), CD (change directory/mengganti directori antar level), RD (remove directory/menghapus directori).

3. Perintah ULTILITAS, merupakan perintah internal yang terdiri dari PROMPT, PATH, DATE, TIME, SET, dll.

Sistem operasi ini juga bersifat single tasking yang hanya dapat menjalankan satu program pada satu waktu saja dan hanya mendukung satu pengguna dalam satu waktu saja.

Dalam perancangan sistem operasinya, DOS menggunakan antarmuka atau user interface berbasis text (text mode user interface).

Hampir setiap komputer kini menggunakan sistem operasi DOS, namun hanya beberapa saja yang murni menggunakan sistem operasi DOS, namun selebihnya sudah mengkombinasikan DOS dengan sistem operasi lain, seperti windows dan linux.

DOS dan Windows akan saling melengkapi, misalnya pada saat Windows bermasalah, maka DOS akan membantu Windows dengan menjalankan hard drive untuk mengecek kerusakan pada sistem operasi.

Jika sobat mempunyai laptop dengan sistem operasi DOS saja jangan khwatir, karena sobat dapat menginstall sistem operasi lain pada laptop sobat dengan mudah.

Sedangkan untuk fungsi dari DOS sebagai berikut:

Megkoordinasikan dan mengendalikan kerja komputer
Menyelesaikan proses troubleshooting pada hardware
Manajemen file dan directory

Sedangkan untuk kelebihan dan kekurangan DOS adalah sebagai berikut.

1. Kelebihan:
Kemudahan membuat folder dan subfolder
Kemudahan dalam melihat file yang berada pada suatu harddisk atau ssd dan folder secara keseluruhan
Dengan perintah internal berupa COPY nya dapat dengan mudah mengcopy file lebih cepat dibanding GUI

2. Kekurangan:
Tampilan user interface kurang menarik
Pengoperasiannya masih berbasis text.

0 Response to "Mengenal Sistem Operasi DOS Pada Komputer"

Post a Comment

Berdiskusi Dan Berkomentarlah Dengan Sopan Dan Santuy! :).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel