Cara Mengatasi USB Device Not Recognized Pada Windows

Pengguna komputer dan laptop pada saat ini tidak dapat dipisahkan dari yang  namanya port USB, bagaimana tidak, hampir semua perangkat input pada komputer pada saat ini telah menggunakan port USB,, seperti joystick,kabel USB printer, mouse,atau keyboard.

Namun seringkali terdapat permasalahan pada port USB, yaitu biasanya bertuliskan “USB not recognized, the last usb device connected to this computer malfunctioned…..”, hal ini menunjukkan adanya masalah pada port yang terhubung pada USB.

Solusinya yaitu antara lain:
1. Cabut dan pasang kembali USB
2. Restart Komputer
3. Pindahkan ke port USB lainnya
4. Periksa kondisi USB, apakah ada kerusakan atau tidak.

Jika sobat sudah melakukan berbagai cara diatas namun belum juga menemukan solusinya, silahkan sobat update driver USB pada komputer atau laptop sobat. berikut adalah cara mengupdate driver USB pada laptop atau komputer PC sobat.

1. Silahkan sobat ketikkan tombol windows+R, maka akan muncul tampilan kolom,lalu sobat tinggal ketikkan devmgmt.msc, lalu klik enter.

2. Lalu, akan muncul tampilan device manager, maka sobat pilih pada universal serial bus controllers, dan sobat tinggal klik kanan pada menu yang bertuliskan Uknown USB Device, lalu pilih update driver.

3. Setelah itu sobat tinggal memilih untuk mengupdate drivernya secara online atau offline, disini saya menyarankan untuk mengupdate nya secara online,dengan cara memilih Search automatically for updated driver software.

Jika sobat ingin secara offline, maka sobat harus mendownload drivernya terlebih dahulu secara manual dan memilih menu Browse my computer for driver software.

4. Langkah terakhir adalah sobat tinggal menunggu saja driver USB di update secara otomatis, jika sudah maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

Itu tadi adalah cara mudah mengatasi USB tidak terdeteksi pada windows 10,7,dll. semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar