Cara Mengatasi Komputer No Siganl dan No Display

Cara Mengatasi Komputer Hidup Tapi Tidak Tampil Di Layar (No Signal)

Ada banyak sekali penyebab dari komputer no signal. seperti pada kasus mesin komputer menyala dan kipas prosesor dan fan Power Supply berputar namun tidak terdeteksi di monitor bahkan tidak muncul tampilan Bios. Namun hanya bertuliskan no signal atau sering juga disebut no display.

Masalah ini sering ditemui pada komputer lama Anda. Terdapat banyak faktor dan diagnosa awal penyebab masalah ini. Berikut ini adalah penyebab dan solusi komputer hidup no signal.


1. RAM Tidak Presisi,Kotor atau Rusak

Hal paling pertama yang harus Anda selidiki adalah masalah RAM. Silahkan Anda cek kodisi RAM apakah masih normal atau tidak?. Lalu, bersihkan kepingan kuningan RAM dengan penghapus untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel pada RAM.  RAM yang kotor menyebabakan RAM tidak terdeteksi pada komputer dan membuat monitor tidak dapat menampilkan data pada komputer.

Komputer No Signal biasanya juga terjadi karena posisi RAM yang tidak pas pada slot RAM. Silahkan Anda cek dan tekan RAM ke slot agar menanacap dengan benar. Lalu coba pindahkan RAM di slot sebelahnya untuk memastikan slot RAM tidak bermasalah.


2.  Prosesor Rusak

Prosesor sendiri memegang peranan penting pada komputer untuk memproses dan mengolah data. Prosesor yang rusak akan mengakibatkan komputer no dsplay atau bahkan mati total. silahkan Anda cek kondisi prosesor dengan melihat kondisi prosesor apakah pin prosesor kotor atau ada yang patah dan bengkok.

Bisa juga prosesor mengalami short atau konslet. Untuk mengecek prosesor masih normal atau tidak, silahkan Anda ikuti cara ini :
1. Pertama, silahkan Anda lepas fan prosesor
2. Lalu hidupkan komputer Anda dan tunggu sekitar 5 menit
3. Setelah 5 menit, silahkan Anda sentuh permukaan prosesor
4. Jika prosesor memiliki suhu yang cukup panas, berarti prosesor masih bekerja dengan normal.

Baca Juga : 
Cara Mengatasi Product Activation Failed Pada Windows 10 dan Microsoft Office Word 2016


3. Power Supply Lemah

Power supply memegang peranan penting dalam mensuplay daya pada komputer.jjika power supply Anda lemah, kemungkinan komputer akan kekurangan daya untuk menampilkan data pada bios ke monitor komputer. Power supply yang sudah berumur biasanya akan sering menunjukkan gejala seperti ini.

Cara paling untuk mengecek apakah penyebab komputer no display Anda berasal dari power supply adalah dengan menggunakan power supply lain. Jika komputer kembali normal berarti masalah utama berada pada power supply Anda yang memiliki daya lemah.


4. Baterai CMOS Bermasalah

Baterai CMOS berfungsi seperti RAM, namun fungsinya lebih simple yaitu untuk menyimpan data seperti tanggal dan waktu pada komputer. Untuk menagatasi komputer no display dikarenakan baterai CMOS yang bermasalah, silahkan Anda cabut baterai CMOS dengan obeng dari motherboard.

Lalu diamkan baterai CMOS selama kurang lebih 10 menit untuk mereset baterai CMOS. Setelah itu pasangkan lagi ke motherboard dan nyalakan dan lihat hasilnya. Jika baterai CMOS sudah tidak dapat diperbaiki lagi Anda dapat membeli baterai CMOS dengan tipe yang sama di toko komputer atau online shop karena harganya yang cukup murah.


5. Motherboard Kotor Atau Rusak

Jika 4 cara diatasa masih belum membantu. Bisa jadi penyebaba utama komputer no display disebabkan oleh motherboard yang sudah rusak atau kotor. Silahkan Anda cek kondisis motherboard, jika kotor dan berdebu silahkan sobat bersihkannya dengan kuas yang lembut atau dengan sikat gigi.

Jika sudah bersih namun masih belum berhasil. Anda harus mengecek kondisi pin atau resistor, dioda, dan komponen motherboard lainnya. Apakah terdapat tanda bekas terbakar yang menjadikannya short atau konslet. Jika memungkinkan, Anda dapat memperbaiki sendiri motherboard tersebut. Namun jika tidak memungkinkan, Anda dapat menggantinya dengan motherboard baru.


6.  Port VGA Bermasalah

Masalah ini juga sering terjadi, dimana bagian VGA pada motherboard bermasalah sehingga tidak dapat menampilkan data di layar. Jika Anda menggunakan VGA onboard atau yang sudah terpasang permanen di komputer. Anda dapat menggantinya dengan VGA eksternal atau VGA card.


7. Kabel Daya dan Kabel VGA Bermasalah

Hal ini simple, komputer no display biasanya disebabkan kabel power penghubung Komputer ke terminal sudah rusak atau kurang pas pada komputer. Selain itu, cek juga kondisi kabel VGA komputer, apakah sudah tertancap dengan pas pada komputer dan monitor.

Lalu cek juga kabel daya dari monotor ke terminal apakah sudah pas, hal ini sepele, namun sering terjadi permasalahan di bagian ini.


8. Monitor Bermasalah 

Bagaimana bisa monitor menampilkan data dari komputer jika monitormya sendiri bermasalah?.  Anda dapat mengecek kondisi monitor,apakah masih normal atau tidak.

Jika Anda memilki cadangan komputer normal, Anda dapat menghubungkannya ke monitor. Jika masih tidak ada tampilan di layar monitor dan masih bertuliskan no signal, bisa dipastikan monitor sobat lah yang bermasalah.

Jika ingin lebih jelas, Anda dapat menonton video dari channel Sekilas IT dibawah


Jadi kesimpulannya komputer no display dan no signal disebabkan oleh banyak hal. Namun sebagian besar berasal dari part komputer itu sendiri yang bermasalah. Anda dapat meperbaikinya dengan mengikuti berbagai cara di atas.

0 Response to "Cara Mengatasi Komputer No Siganl dan No Display"

Post a Comment

Berdiskusi Dan Berkomentarlah Dengan Sopan Dan Santuy! :).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1




Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel