-->

Komponen Komputer Lengkap Beserta Fungsi dan Penjelasannya

Komponen Komputer Lengkap Beserta Fungsi dan Penjelasannya

Baik kali ini admin akan membahas mengenai materi komponen komputer, komputer sendiri merupakan suatu alat yang digunakan oleh manusia sehari-hari untuk melakukan kegiatan komputasi, seperti mengetik, mencari informasi di internet atau melakukan aktifitas lainnya.

Komputer sendiri secara umum terbagi menjadi 9 komponen komputer, dan 1 komponen tambahan output, setiap komponen pada komputer akan menjalankan tugas sesuai dengan bagiannya masing-masing. Dan berikut adalah 9 komponen komputer beserta fungsi dan penjelasannya.


1. Motherboard atau Mainboard


Motherboard sendiri merupakan komponen utama pada komputer, karena pada motherboard lah semua komponen komputer di pasangkan seperti VGA card, Prosesor, RAM,Power Supply, Memory dll.

Setiap motherboard memiliki spesifikasi berbeda-beda, untuk merakit komputer dengan spesifikasi tinggi, maka dibutuhkan motherboard yang berkelas yang telah support terhadap Prosesor generasi terbaru dengan kecepatan tinggi.


2. Prosesor


Prosesor merupakan CPU(Central Processing Unit) yang berfungsi sebagai otak pada komputer untuk menjalankan segala perintah pada komputer. Prosesor juga menentukankecepatan pemrosesan data pada komputer.

Semakin banyak core pada komputer makan akan semakin banyak pekerjaan yang dapat dilakukan pada waktu bersamaan oleh komputer, kecepatan prosesor diukur dalam Gigahertz(Ghz),  terdapat dua merk prosesor paling banyak digunakan di dunia, yaitu AMD dan Intel.


3. VGA (Video Graphic Adapter)


VGA merupakan komponen pada komputer yang berfungsi sebagai pengolah grafis pada komputer, cara kerja VGA adalah mengubah sinyal digital menjadi tampilan grafis pada monitor komputer. VGA sendiri memilki dua jenis, yaitu VGA onboard dan VGA eksternal.

Perbedaan antara keduanya adalah VGA onboard tidak memiliki fitur tambahan dan hanya memilki fitur standar, selain itu VGA onboard juga tidak dapat dilepas, sedangkan VGA eksternal umumnya memiliki performa yang lebih baik dari VGA eksternal, hal ini dikarenakan VGA eksternal ditujukan untuk komputer dengan kegiatan yang membutuhkan pengolahan grafis tinggi, seperti kegiatan video editing, desain grafis atau gaming.


4. Harddisk dan SSD


Harddisk adalah komponen yang paling umum pada komputer/PC untuk menympan data atau file, selain itu Harddisk juga biasa digunakan untuk menyimpan sistem operasi pada komputer.

Berbeda dengan Harddsik, SSD(Solid-StateDrive) masih terbilang baru, namun jangan salah, SSD memiliki kecepatan 5 kali lipat dibanding Harddisk, harga SSD pun terbilang lebih mahal ketimbang Harddisk, namun dengan kecepatan permosesan data dan strukturnya yang lebih tahan akan sangat cocok diguakan sebgai Memori utama dan sekunder pada komputer.


5. RAM (Random Acces Memory)


RAM merupakan jenis memory yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data atau instruksi program sementara pada komputer, Jadi jika komputer dimatikan maka data pada RAM akan otomatis terhapus.

Selain itu RAM juga membantu komputer untuk bekerja lebih cepat, hal ini dikarenakan RAM akan membantu prosesor  untuk mengolah data, RAM sendiri memiliki berbagai jenis, seperti RAM DDR 1,DDR2,DDR3,DDR4,DDR5. Semakin tinggi angka DDR maka akan semakin bagus pula kinerjanya, namun jenis RAM ini akan disesuaikan pada jenis motherboard yang mensupportnya.


6. Sound Card


Sound card merupakan komponen pada komputer yang berfungsi untuk mengolah audio pada komputer, cara kerja sound card adalah mengkonversi sinyal digital dan analog ke bentuk gelombang sonic. Sound card memiliki 3 jenis, yaitu sound card offboard, sound card eksternal, dan sound card onboard.


7. CD/DVD Room


CD/DVD Room merupakan komponen komputer yang berfungsi untuk memburning  atau membaca data pada CD/DVD , CD/DVD room memiliki 2 fungsi penting, yaitu memburning data dari ko puter ke CD/DVD atau memburning CD/DVD ke bentuk file ke dalam penyimpanan komputer.


8. Power Supply


Power Supply merupakan komponen pada komputer yang berfungsi untuk memberikan daya arus listrik ke komponen komputer lain. Power supply memegang peranan penting terhadap daya listruk pada komputer dan akan memepengaruhi daya tahan komponen komputer lain.


9. Casing Komputer


Untuk menampung semua komponen diatas dan melindunginya, diperlukan sebuah wadah yang disebut sebagai casing komputer. Tidak ada patokan spesial pada casing komputer, asal dapat melindunginya dari benturan sudah cukup.


10. Monitor


Monitor merupakan komponen pada komputer yang berfungsi sebagai output untuk menampilkan data pada komputer. Monitor sendiri memiliki banyak jenis, seperti monitor CRT atau disebut juga monitor tabung, dan monitor LCD dan LED.

Semakin tinggi resolusi dan pixel  yang dihasilkan suatu monitor maka gambar akan semakin bagus, untuk menghubungkan monitor ke komputer, biasanya menggunakanalat berupa kabel VGA yang di colokkan di belakang monitor.

Video lengkapnya:



Baiklah itu tadi adalah pembahasan mengenai komponen hardware komputer beserta fungsi dan penjelasannya, Semoga bermanfaat.

0 Response to "Komponen Komputer Lengkap Beserta Fungsi dan Penjelasannya"

Post a Comment

Berdiskusi Dan Berkomentarlah Dengan Sopan Dan Santuy! :).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel