-->

10 Ciri-Ciri RAM Komputer Rusak dan Cara Memperbaikinya

ciri-ciri ram komputer rusak

RAM atau Random Acces Memory merupakan salah satu perangkat keras pada komputer yang memiliki peran dalam menyimpan data sementara pada aplikasi yang sedang berjalan. Ciri-ciri RAM komputer rusak sebenarnya cukup mudah untuk dikenali.

Karena perannya yang sangat penting, maka RAM yang bermasalah ada baiknya untuk segera diperbaiki karena jika dibiarkan akan memberi dampak buruk terhadap kinerja komputer.

Untuk kerusakan pada RAM sebenarnya cukup mudah diperbaiki. Oleh karena itu, berikut ulasan lengkap mengenai ciri-ciri RAM komputer rusak serta cara memperbaikinya.

Berbagai Ciri RAM Komputer Rusak


1. Sering Terjadi Restart


Ciri RAM komputer rusak yang pertama adalah seringnya terjadi proses muat ulang atau restart tanpa sebab. Hal ini bisa terjadi dikarenakan salah satu bagian atau sektor dalam RAM telah mengalami kerusakan.

Akibatnya RAM menjadi tidak optimal untuk menyimpan data sementara dari berbagai program pada laptop atau PC. Solusinya kamu bisa mengecek kondisi permukaan fisik RAM, jika terdapat bekas bakaran dan timah yang meleleh, kamu bisa menggantinya dengan yang baru.


2. Blue Screen atau Blank Biru


Setiap warna blank pada layar monitor biasanya memiliki maksud tertentu, jika kamu menemui blank hitam, besar kemungkinan bahwa komputer yang kamu gunakan memiliki masalah terhadap motherboard, VGA atau prosesor.

Namun jika yang muncul adalah blank biru, maka komputer sedang mengalami masalah pada bagian memori baik itu hardisk atau RAM.


3. Sistem Operasi Sering Not Responding


Sistem operasi yang tidak berjalan dengan lancar atau nge-lag merupakan salah satu ciri RAM komputer rusak atau bermasalah. Selain itu, seringnya terjadi Not Responding ketika menjalankan sebuah software juga termasuk salah satu indikator dari kerusakan RAM.

Oleh karena itu, sangat disarankan bagi para pengguna untuk menjalankan sebuah software dengan memilih opsi Run As Administrator demi menghindari kasus Not Responding dan meringankan kinerja memori.


4. Komputer Hidup Tapi No Signal


Salah satu syarat untuk melakukan booting pada sistem operasi adalah adanya RAM yang terdeteksi pada komputer. Namun bila komponen ini rusak dan tidak terdeteksi, maka proses booting tidak akan berjalan.

Sehingga kejadian komputer menyala sempurna namun tidak terdeteksi dan layar monitor bertuliskan No Signal akan terjadi. 

Cara Mengatasi Komputer No Siganl dan No Display
                         

Solusinya adalah dengan membersihkan slot RAM dari berbagai debu yang menempel, atau jika tidak berpengaruh, kamu bisa menukar RAM ke slot lainnya agar terdeteksi.


5. Komputer Mudah Panas


Suhu permukaan dari sebuah laptop atau PC biasanya menjadi indikasi dari RAM yang sudah rusak. Suhu panas pada komputer ini berasal dari CPU yang bekerja lebih ekstra dan bertumpuk karena RAM tidak mampu lagi bekerja dengan baik.

6. Komputer Menjadi Lemot


Seperti pada penjelasan sebelumnya, komputer akan menjadi lebih lambat dan mudah panas dikarenakan kinerja prosesor yang semakin berat. Sehingga sistem membutuhkan waktu yang lebih lama dalam memproses data.

Untuk sedikit mengurangi kinerja prosesor, kamu bisa meng uninstall beberapa aplikasi yang tidak terpakai pada komputer.

7. RAM Tidak Terdeteksi atau Ukurannya Berkurang


Ciri-ciri RAM komputer rusak bisa kamu ketahui dari status ukuran memory RAM yang terbaca pada komputer. Pastikan bahwa ukuran dari memori ini tidak berkurang sesuai dengan kapasitas aslinya.

Untuk mengecek ukuran dari RAM, kamu bisa menekan tombol Win + R lalu masukkan perintah dxdiag. Maka akan muncul beberapa informasi seputar detail spesifikasi dari komputer yang kamu gunakan.


8. Muncul Bunyi “ Beep! ” Pada Komputer


Bunyi Beep pada komputer merupakan sebuah tanda dari adanya permasalahan pada memory komputer. Makna dari setiap bunyi yang keluar juga berbeda-beda, berikut beberapa makna dari bunyi yang muncul pada PC atau laptop.

Intensitas Bunyi Beep

Makna Permasalahan

Beep 1x

RAM dan memory mengalami kerusakan atau tidak terpasang dengan baik pada slot.

Beep 2x

RAM mengalami Error dan bermasalah.

Beep 3x

RAM mengalami permasalahan pada fungsi Read atau Write data.

Beep 4x

Motherboard bermasalah dan mengalami kerusakan.

Beep 5x

Prosesor mengalami kerusakan.


9. Error Saat Menginstall Aplikasi


Error atau gagalnya pemasangan dari sebuah aplikasi sebenarnya memiliki banyak sebab, namun hal ini juga bisa dijadikan indikasi dari rusaknya RAM dari sebuah komputer. 

Pesan error yang muncul dikarenakan memori sekunder tidak mampu lagi menampung dan memproses data dari aplikasi tersebut untuk diinstall pada sistem operasi.


10. Aplikasi Susah Dijalankan


Software atau aplikasi yang sulit dijalankan bisa menjadi salah satu acuan untuk cara mengecek RAM yang rusak. 

Kasus ini hampir sama dengan pembahasan sebelumnya, yaitu memori sekunder telah mengalami permasalahan untuk memproses setiap data dari aplikasi yang sedang dimuat.


Setelah mengetahui berbagai ciri-ciri RAM komputer rusak, kini saatnya untuk mengetahui cara memperbaiki dan mengatasi permasalahan yang terjadi.


Solusi dan Cara Memperbaiki RAM Komputer Rusak


Berbagai cara di bawah ini adalah beberapa langkah pertama yang bisa kamu lakukan sebelum mengganti atau menitipkan RAM yang bermasalah ke para ahli. 

1. Periksa Posisi RAM

Pastikan bahwa RAM yang terpasang pada komputer kamu telah tertancap dengan benar pada slot motherboard. Hal ini sepele, namun kasus seperti ini sering terjadi dan menyebabkan berbagai permasalahan pada komputer.

2. Bersihkan Kuningan RAM dengan Karet Penghapus

Debu yang menempel pada kuningan RAM menyebabkan slot tidak mampu membaca keberadaan komponen ini pada sistem. 

Solusinya kamu bisa membersihkan garis kuningan RAM menggunakan karet penghapus dengan cara menggosoknya hingga mengkilap.


3. Gunakan Multimeter

Jika RAM yang kamu gunakan mengalami kerusakan karena arus listrik yang tidak stabil, kamu bisa memanfaatkan alat multimeter untuk memancing dan menghidupkan kembali komponen yang telah mati pada part komputer ini.

Caranya : 
Setting multimeter dengan skala 10K atau 100K.
Hubungkan ujung kabel hitam ke pin tembaga RAM.
Dan tempelkan ujung kabel merah ke setiap komponen IC.

Berbagai ciri-ciri RAM komputer rusak dan cara memperbaikinya di atas kiranya dapat kamu jadikan panduan untuk mengatasi permasalahan pada komputer yang kamu gunakan. Silahkan tuliskan argumen kamu di kolom komentar jika ada hal yang ingin ditanyakan.


0 Response to "10 Ciri-Ciri RAM Komputer Rusak dan Cara Memperbaikinya"

Post a Comment

Berdiskusi Dan Berkomentarlah Dengan Sopan Dan Santuy! :).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel